Penyimpanan Cloud Terbaik Untuk Bisnis di Tahun 2022

Penyimpanan Cloud Terbaik Untuk Bisnis di Tahun 2022 – Penyimpanan cloud terbaik untuk bisnis sering kali disediakan oleh penyedia penyimpanan cloud terbaik , yang juga sebagian besar menyediakan penyimpanan cloud pribadi terbaik dan penyimpanan cloud gratis terbaik . Yang membedakan penyimpanan cloud untuk bisnis adalah fokus yang diperlukan dan integral pada keamanan penyimpanan cloud dan alat kolaboratif.

Penyimpanan Cloud Terbaik Untuk Bisnis di Tahun 2022

zimory – Ketika menyangkut perusahaan, keamanan penyimpanan cloud sangat penting, terutama di sektor data dan sensitif privasi, sehingga berinvestasi dalam penyimpanan cloud aman yang menawarkan kebijakan canggih tidak dapat dinegosiasikan.

Baca Juga : Penyimpanan Cloud Gratis Terbaik untuk 2022

Seperti halnya pasar penyimpanan cloud, ada banyak penyedia yang berlomba-lomba untuk kustom cloud Anda, dan karena begitu banyak yang menawarkan fitur serupa, pastikan Anda mengetahui apa yang Anda dan bisnis Anda butuhkan. Pertimbangkan keamanan dan elemen kolaboratif terlebih dahulu, tetapi juga keserbagunaan, akses dan dukungan layanan, batas jumlah perangkat, dan jumlah kapasitas penyimpanan yang dapat Anda akses untuk setiap anggota staf, di samping batas ukuran file.

Panduan ini akan mengarahkan Anda ke penyimpanan cloud terbaik untuk bisnis, dengan mengevaluasi setiap pilihan kami berdasarkan elemen di atas.

Mana penyimpanan cloud terbaik untuk bisnis?

Microsoft OneDrive adalah pilihan utama kami untuk penyimpanan cloud terbaik untuk bisnis, berkat integrasi dengan Microsoft 365 sebagai platform penyimpanan dan sinkronisasi cloud, enkripsi AES 256-bit dan Personal Vault, memberikan semua pelanggan bisnis enkripsi ujung-ke-ujung tanpa batas. Dropbox Business, diikuti oleh IDrive, Nextcloud, Backblaze, Tresorit, dan SpiderOak juga layak Anda pertimbangkan.

1. Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive adalah platform sempurna untuk bisnis yang sudah menggunakan Microsoft 365. Integrasi di seluruh aplikasi ini, termasuk SharePoint, Teams, Excel dan Word, memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi secara dinamis, menjadikan OneDrive pilihan kami untuk platform penyimpanan cloud perusahaan terbaik.

Salah satu keunggulannya adalah sinkronisasi cloud dan platform penyimpanan cloud. Melacak perubahan, pembuatan versi file, dan berbagi tautan semuanya bekerja dengan mulus dengan fungsionalitas inti OneDrive, memperkuat kredensialnya. Keamanan adalah nilai tambah lainnya, karena meskipun enkripsi AES 256-bit diterapkan ke semua data yang tidak aktif, Microsoft telah melangkah lebih jauh dengan Personal Vault, subfolder yang menyediakan enkripsi ujung-ke-ujung tanpa batas untuk semua pelanggan perusahaan.

Data juga dicadangkan di beberapa server, sehingga Anda dapat yakin bahwa data tidak akan hilang. Paket perusahaan Microsoft juga menawarkan layanan keamanan siber terbaik di kelasnya dan fungsi deteksi ancaman tingkat lanjut. Memastikan integritas akun karyawan juga mudah, dengan administrator yang dapat menerapkan 2FA dan perubahan kata sandi secara berkala.

Paket bisnisnya menawarkan pilihan antara paket OneDrive atau bundel Microsoft 365. Dua paket OneDrive mandiri berharga $5 per pengguna per bulan (Paket 1) dan $10 per pengguna per bulan (Paket 2), dengan paket pertama termasuk 1TB ruang penyimpanan per pengguna, dan ruang penyimpanan tak terbatas kedua serta suite keamanan dan fitur kepatuhan seperti audit file, penyimpanan data, dan label sensitif.

Ada dua paket dengan Microsoft 365: Microsoft 365 Business Basic, yang mencakup penyimpanan 1 TB per pengguna, Microsoft Teams, dan akses web ke aplikasi seperti Word, PowerPoint, dan Excel seharga $5 per pengguna per bulan; dan Microsoft 365 Business Standard, dengan penyimpanan 1 TB per pengguna, Microsoft Teams, akses desktop dan seluler ke semua aplikasi Microsoft 365, dan alat kolaborasi seperti Yammer dan Microsoft Planner, seharga $12,50 per pengguna per bulan.

2. Dropbox Bisnis

Dropbox , meskipun bukan perusahaan serba bisa seperti Google Workspace, masih hadir dengan banyak opsi untuk membuat dan memodifikasi file di samping pencadangan dan penyimpanan.

Klien desktopnya yang sederhana menyediakan fungsionalitas drag-and-drop untuk file dari format apa pun yang dikenal ke cloud, dan sistem ini membanggakan kompatibilitasnya. File juga dapat dengan mudah diedarkan di antara pengguna menggunakan fungsi berbagi bawaan, bahkan jika orang yang Anda bagikan tidak memiliki akun Dropbox. Dropbox Transfer juga membuatnya sangat mudah untuk mentransfer file ke orang lain, baik mereka memiliki akun atau tidak.

Dengan begitu, penerima mendapatkan akses ke salinan file yang tepat dengan semua izin yang sesuai, tanpa mendapatkan yang asli. Dengan akun gratis, Dropbox Transfer memiliki batas ukuran file 100MB. Namun, tingkatkan ke akun bisnis , dan ukuran file maksimum dengan cepat diperluas hingga 100 GB.

Dropbox Business Standard tersedia dengan harga $12,50 per pengguna per bulan bila ditagih setiap tahun, untuk minimal tiga pengguna; sementara Dropbox Business Advanced tersedia dengan harga $20 per pengguna per bulan, sekali lagi untuk minimal tiga pengguna. Sementara paket standar membatasi ruang penyimpanan hingga 5GB, paket lanjutan jarang menawarkan penyimpanan cloud yang benar-benar tidak terbatas untuk bisnis.

Desain layanan yang bersih dan minimalis mudah dipahami dan dioperasikan. Aplikasi desktop tersedia di Windows dan macOS, bersama dengan aplikasi smartphone yang tersedia melalui Google Play dan Apple App Store. Ada juga antarmuka berbasis web yang sangat halus bagi mereka yang ingin menjaga semuanya tetap ringan.

3. IDrive

IDrive tidak diragukan lagi adalah salah satu platform penyimpanan cloud dan cadangan cloud terbaik. Namun, kurangnya fitur sinkronisasi cloud berarti kehilangan beberapa nilai dari sudut pandang bisnis. Kekuatannya mencakup pembuatan versi file dan snapshot, fitur khusus bisnis seperti manajemen pengguna dan log aktivitas, dan keamanan, karena bisnis dapat memilih untuk menggunakan enkripsi ujung ke ujung atau standar.

Dua set paket bisnisnya mencakup IDrive Team dan IDrive Business, yang dibagi lagi menjadi paket dan harga yang berbeda, dengan paket pertama Team (dengan harga $74,62 per tahun) mencakup lima komputer dan lima pengguna, dengan penyimpanan 5TB. Dari sana, meningkat menjadi 10TB, 10 komputer, dan 10 pengguna seharga $149,62 per tahun; 25TB, 25 komputer, dan 25 pengguna seharga $374,62 setahun; dan 50 TB, 50 komputer, dan 50 pengguna seharga $749,63 setahun.

Harga ini hanya untuk tahun pertama, dengan setiap kenaikan pada tahun-tahun setelahnya, meskipun tersedia juga paket dua tahun. Sementara itu, IDrive Business menawarkan pengguna, komputer, server, dan lainnya tanpa batas seharga $74,62 untuk tahun pertama, dengan penyimpanan 250GB. Paket meningkat hingga 500GB, 1,25TB, 2.5TB, 5TB, 12.5TB, dan 50TB, dan tersedia dengan pembayaran tahunan atau bulanan.

Namun secara kolaboratif, IDrive tidak unggul. Itu tidak terintegrasi dengan platform pihak ketiga dengan cara yang sama seperti pesaing seperti Microsoft OneDrive atau Nextcloud. Sebaliknya, IDrive berorientasi pada bisnis yang menginginkan penyimpanan berkapasitas tinggi dan sangat aman yang dapat mencadangkan beberapa server dan perangkat secara bersamaan.

Demikian juga, jika staf Anda memerlukan akses ke banyak data statis, dengan sedikit penekanan pada pengeditan kolaboratif, maka itu pasti salah satu platform penyimpanan cloud terbaik untuk Anda.

4. Next Cloud

Dalam arti kata yang paling ketat, Nextcloud bukanlah penyedia penyimpanan cloud. Sebagai gantinya, ini adalah rangkaian platform perangkat lunak yang menyediakan penyimpanan cloud yang dihosting sendiri dan layanan manajemen file. Akibatnya, ini kemungkinan merupakan platform terbaik jika bisnis Anda mencari solusi penyimpanan cloud yang dihosting sendiri dan inovatif.

Nextcloud memungkinkan para pemimpin bisnis untuk menghubungkan infrastruktur penyimpanan lokal ke jaringan area lokal (LAN), yang pada dasarnya menciptakan cloud pribadi. Ada beberapa manfaat dari sistem semacam itu, di samping beberapa potensi negatif. Manfaatnya termasuk peningkatan kontrol atas keamanan, karena Anda akan selalu tahu persis di mana data Anda disimpan.

Secara teknis, ini mengurangi area permukaan serangan, dan administrator TI juga memiliki kontrol signifikan atas cara data disimpan, termasuk tingkat enkripsi yang digunakan. Hal ini memungkinkan bisnis untuk menyesuaikan solusi penyimpanan mereka dengan kebutuhan khusus mereka.

Kekuatan lainnya adalah berbagai aplikasi open source yang dapat diintegrasikan. Ini termasuk File Nextcloud , Nextcloud Talk (platform konferensi video), dan Collabora Online (serangkaian aplikasi kantor). Ini memungkinkan Nextcloud untuk bersaing dengan pesaing yang menawarkan integrasi lintas platform yang luas, seperti Microsoft dan Google.

Potensi kerugian — kami menyebutnya pertimbangan penting — mencakup peningkatan tanggung jawab atas nama pemimpin bisnis untuk mengelola pencadangan data dan memelihara infrastruktur. Singkatnya, fleksibilitas Nextcloud berarti lebih banyak tanggung jawab dialihkan ke bisnis.

Dalam hal harga, perangkat lunak open-source gratis Nextcloud berarti Anda dapat memilih layanan yang Anda inginkan, tetapi ini membutuhkan biaya tambahan. Ada tiga paket berbayar yang berbeda —Basic, Standard, dan Premium— yang telah dikonfigurasi sebelumnya dan siap digunakan, tersedia pada paket pembayaran tahunan, dengan biaya berdasarkan nomor pengguna. Ada uji coba gratis yang tersedia selama satu jam, jika Anda ingin merasakan layanan ini sebelum mendaftar.

5. Backblaze

Berbeda dengan opsi lain yang disebutkan sejauh ini, Backblaze tidak hadir dengan kemampuan berbagi file atau manajemen. Sebaliknya, ia menawarkan layanan pencadangan yang sangat aman yang menjaga file penting tetap aman dari serangan malware dan kerusakan sistem. Penekanannya adalah pada keamanan, sementara fungsionalitas mengambil langkah mundur.

Backblaze dibuat dengan mempertimbangkan pemula, karena Anda hanya perlu mengaturnya sekali, dan hanya perlu mengaksesnya lagi jika komputer Anda entah bagaimana disusupi. Ada wizard instalasi yang sangat sederhana yang memandu Anda melalui pengaturan pertama kali, dan setelah selesai, Backblaze akan secara otomatis mencadangkan semua file dan folder di latar belakang.

Anda dapat mengatur pencadangan agar terus berjalan, setiap hari, atau saat diminta secara manual. Penggunaan dibatasi hanya untuk satu perangkat per pengguna per akun, dan meskipun ada dukungan untuk hard drive eksternal, tidak ada dukungan untuk drive jaringan atau perangkat seluler.

Sementara pengguna tingkat lanjut mungkin menemukan fungsionalitas yang kurang, mereka yang memiliki sedikit pengalaman penyimpanan cloud akan menemukan Backblaze menarik untuk alasan yang sama. Hanya dengan $7 sebulan atau $70 setahun, pengguna mendapatkan akses ke ruang penyimpanan tak terbatas pada satu perangkat. Meskipun hanya menyimpan file versi lama hingga 30 hari, Anda dapat memperpanjangnya hingga satu tahun dengan tambahan $2 per bulan, dan tidak ada batasan ukuran file.

Saat ini Anda juga bisa mendapatkan Backblaze sepenuhnya gratis selama setahun ketika Anda mendaftar ke penyedia VPN pemenang penghargaan ExpressVPN , di mana Anda juga bisa mendapatkan 15 bulan dengan harga 12 !

Ada juga penawaran Backblaze B2 , yang merupakan paket berlangganan bayar sesuai pemakaian dengan biaya $0,005 per GB dan $0,01 per GB untuk unduhan. Meskipun fungsinya terbatas, Backblaze sangat populer dengan basis penggunanya, dengan lebih dari 1EB (exabyte, atau satu juta terabyte) data disimpan dengan aman. Ini juga telah membantu memulihkan lebih dari 50 miliar file sejak diluncurkan. Jika Anda mencari opsi sederhana yang memungkinkan Anda mencadangkan dan menyimpan file di cloud, Anda tidak perlu mencari lagi.

6. Tresorit

Tresorit menyimpan teknologi penyimpanan cloud-nya dengan klaim “enkripsi tanpa pengetahuan”. Terlepas dari beberapa pilihan yang Anda pilih untuk berbagi file, tidak ada yang akan memiliki akses ke apa yang Anda unggah, dengan akun Anda diamankan oleh 2FA dan enkripsi ujung ke ujung.

Karena fokus yang kuat pada keamanan dan privasi, teknologi Tresorit tidak terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga. Tidak ada opsi untuk mengedit atau memodifikasi file di cloud, atau streaming audio dan video, tanpa mengunduhnya terlebih dahulu. Elemen-elemen ini dapat terasa membatasi, tetapi jika Anda adalah perusahaan data-sentris yang membutuhkan keamanan ekstensif, Tresorit layak untuk dikompromikan.

Ini menawarkan penyimpanan cloud dan drive jaringan, dengan opsi penyimpanan data untuk beberapa pusat data di seluruh dunia yang membantu Anda memilih tempat untuk menyimpan data. Ini memiliki server yang bagus dengan kecepatan unduh dan unggah yang layak. Aplikasi desktop dan seluler cerdas dan intuitif, sementara tur berpemandu membantu Anda memahami saat memulai.

Tresorit menawarkan uji coba 14 hari gratis untuk semua paket langganannya , yang dimulai dari $20 per pengguna per bulan bila ditagih setiap tahun. Paket itu, Business Standard, menawarkan ruang penyimpanan hingga 1TB per pengguna untuk tiga hingga sembilan pengguna. Sementara itu, paket Business Plus tersedia seharga $24 per bulan per pengguna untuk 10 hingga 100 pengguna, dengan penyimpanan 1TB per pengguna. Ada juga paket perusahaan untuk lebih dari 100 pengguna.

7. SpiderOak One

SpiderOak One Backup adalah platform cloud multiguna dengan kerangka kerja keamanan terbaik di kelasnya. Ini menyediakan penyimpanan cloud, sinkronisasi, dan pencadangan di semua sistem operasi, meskipun kurangnya fitur khusus bisnis agak mengecewakan. Itu juga lebih mahal daripada banyak pesaing.

Fitur yang menonjol adalah enkripsi ujung ke ujung yang menjadi standar untuk semua data yang dikelola, dan beberapa platform lain menyediakan arsitektur tanpa pengetahuan semacam ini. Ini juga berarti bahwa tidak seorang pun di SpiderOak dapat mengakses data perusahaan Anda, bahkan jika dipaksa oleh penegak hukum.

Empat opsi berlangganan SpiderOak yang berbeda digabungkan dengan uji coba gratis 14 hari pada semua paket, memungkinkan Anda untuk mengujinya sebelum berkomitmen. Keempat paket hadir dengan fitur yang sama persis, dengan jumlah penyimpanan satu-satunya pembeda. Paket berkisar dari 150GB ($6 sebulan) hingga 5TB ($29 sebulan), dan diskon tersedia dengan pembayaran tahunan, meskipun ini cukup kecil. Jika Anda mencari solusi penyimpanan cloud yang sangat aman dan andal, sebaiknya pertimbangkan penawaran SpiderOak.